Sepanjang musim hujan berlangsung, bagian dari kendaraan yang paling banyak terkena imbas kotoran adalah bagian kaki-kaki, terutama velg. Tentunya velg yang kotor dan kusam dapat mengganggu penampilan luar mobil. Untuk velg, khususnya yang berbahan aluminium alloy biasanya dapat menjadi kusam jika membiarkan kotoran mengendap lama, yang akhirnya meninggalkan noda yang sulit dibersihkan.


Biasanya yang terjadi kalau velg terkena air hujan, apalagi setelah bercampur dengan lumpur dapat meninggalkan flek yang cukup mengganggu penampilan velg itu sendiri, terutama yang dilapisi warna putih dan chrome.

Velg aluminium alloy yang banyak beredar dipasaran memang lebih tahan terhadap terjadinya dari karat dibandingkan dengan velg yang dibuat dari besi. Tetapi, upaya membersihkan velg aluminium alloy dengan sembarang cairan pembersih bisa mengakibatkan rusaknya lapisan luar dan warna aslinya, sehingga timbul kekusaman.

Membersihkan/mencuci pelek menggunakan air bertekanan tinggi

Membersihkan/mencuci pelek menggunakan air bertekanan tinggi

Untuk dapat menjaga kebersihan dan kilap velg, berikut ada beberapa saran yang perlu diperhatikan saat membersihkan, merawat, dan memilih bahan pembersih velg:

  • Usahakan ketika membersihkan/mencuci velg menggunakan air bertekanan tinggi, dan usahakan mencuci ditempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung agar terhindar dari noda bercak air.¬† Setelah diberi sabun pada seluruh permukaan velg, segera dibilas agar tidak meninggalkan noda bekas sabun dan keringkan dengan kain lap halus.
  • Bersihkan pula sisi dalam velg, biasanya bagian ini sering luput dari perhatian . Endapan kotoran pada sisi bagian dalam velg, khususnya akibat proses kerja rangkaian rem biasanya lebih bersifat korosif. Kotoran yang menempel pada sisi inipun biasanya juga lebih sukar dibersihkan karena velg aluminium lebih rentan terhadap serangan ‘remah-remah’ logam ataupun noda aspal. Untuk itu pergunakanlah sikat gigi bekas untuk membantu menghilangkan kotoran pada bagian pinggir dan lekukan velg.

Konclong Kembali

Konclong Kembali

  • Setelah velg dibersihkan dan dikeringkan, lakukan pembersihan dengan cara memoles untuk mengembalikan kilau dari velg, poles velg menggunakan cairan khusus untuk membuat velg kinclong, semacam wax tapi yang berkualitas dan lembut buat lapisan velg.
    Ketika akan menggosok velg untuk meghilangkan noda yag sulit dibersihkan, jangan gunakan cairan pembersih yang memiliki daya abrasif terlalu tinggi, seperti senyawa chrome polish, rubbing compound, ordinary wax yang memang dibuat untuk mengkilapkan cat bodi. Apabila itu dilakukan, memang flek atau noda yang ada pada velg bisa langsung hilang hanya dengan beberapa kali gosok ,tapi imbasnya, terutama untuk velg berbahan aluminium alloy, tampilan luarnya dapat menjadi kusam, hal ini juga sangat berlaku untuk pelek berlapis chrome. Apabila velg sudah kehilangan lapisan anti karatnya, untuk memulihkan kondisi permukaan velg dapat dipergunakan kompon atau mag wheel polish.
  • Untuk menahan laju percepatan korosi atau berkarat akibat hujan, terutama pada velg yang sepenuhnya berbahan besi, velg dapat dilapisi dengan cat, namun sebelumnya permukaan velg harus di haluskan dengan amplas halus dan dibersihkan terlebih dahulu sebelum di cat. Sedangkan untuk velg yang tidak dilapisi bahan anti karat, disarankan untuk segera menutupinya dengan cat baru lengkap dengan lapisan vernisnya. Sisi bagian dalam pun lebih baik dilapisi juga dengan cat agar kotoran tidak merusaknya dan lebih mudah dibersihkan.



Source : http://www.situsotomotif.com