:. Tes Komparasi Yamaha Vega R Vs Yamaha Vega ZR
2008-12-31 17:28:38

767vega-rr-dvd-1.jpgRasanya itu yang bisa diungkapkan ketika mengadu alias komparasi Yamaha Vega ZR dengan generasi terdahulu alias Vega R. Keduanya, menawarkan yang disebut menjadi judul. Akselerasi atau Bodi. Dan, yang terkahir, mungkin soal konsumsi bahan bakar.

Yuk bandingkan!

TARUNG AKSELERASI768vega-rr-dvd-2.jpg

Keduanya mengusung spesifikasi volume silinder berbeda. Yamaha Vega R, mengaplikasi engine 110,3 cc. Sedang Yamaha Vega ZR, hadir dengan kapasitas lebih besar. Yaitu, 113,7 cc layaknya Yamaha Mio. Lihat aja bore x stroke-nya! Yaitu, 54 mm X 57,9 mm.

Tapi soal akselerasi, engine Vega R lebih berbicara. Yap! Buktinya, ketika dilakukan tes akselerasi lewat Vericom VC3000. Untuk kecepatan 0–60 km/jam, Vega R mecatat waktu 5,49 detik dengan jarak 61 meter. Sedang Vega ZR, hanya sanggup bukukan waktu 8,01 detik dengan jarak 86,9 meter.

Itu untuk jarak dekat! Tapi kenyataannya, Vega R tetap unggul untuk akselerasi jarak 201 meter. Dengan kecepatan 81,9 km/jam, Vega R mencatat waktu 12,87 detik. Sedangkan Vega ZR, 13,62 detik dengan kecepatan 72,7 km/jam.

Tapi di putaran akselerasi menengah, catatan waktu keduanya sedikit mendekat. Yup! Jarak 0–100 meter, Vega R masuk di 8,21 detik seiring kecepatan 65,7 km/jam. Sedang Vega ZR, 8,26 detik dengan kecepatan 67,8 km/jam.

Kalau dilihat, Vega R tetap lebih responsif ketimbang ZR. Penyebabnya, karena torsi awal yang dihadirkan Vega R lebih menghentak. Jadi, sedikit bukaan gas aja motor sudah berlari cepat.

LEBIH IRIT 1,1 KM

769vega-rr-dvd-3.jpgPenasaran dengan konsumsi bensin keduanya? Sabar, cuy! Tetap ada bahasannya kok. Kan, perlu tahu juga seberapa banyak Vega minum ketika diajak berputar melakukan aktivitas. Biar adil, pengetesan dilakukan di kondisi lintasan dan orang yang sama. Begitunya, karakter berkendara dan bobot tubuh pun tak berubah. Artinya, tetap pada perlakukan yang sama.

Mulai dari Vega R dulu ya! Tabung bahan bakar pengganti diisi Premium sebanyak 100 cc. Setelah itu, motor diajak berputar dengan kecepatan tak lebih dari 60 km/jam. Rute yang ditawarkan, ada stop & go juga tanjakan dan turunan. Jadi, bukan cuma trek datar doang.

Kelar berkendara sejauh 3,5 km, bensin di tangki pengganti dan karburator pun habis. Itu artinya, 100 cc Premium sanggup menjalankan Vega R sejauh 3,5 km. Kalau satu liter berarti bisa sejauh 35 km dong.

Lanjut ke Vega ZR. Perlakuan dan metode dibuat serupa dengan Vega R. Tapi, Vega ZR lebih irit ketimbang R. Karena dengan 100 cc Premium, ZR sanggup berlari hingga 4,6 km. Itu artinya selisih 1,1 km. Tapi kalau ditotal, satu liter Premium bisa membawa ZR berjalan hingga 46 km. Atau selisih 11 km dari R.

FITUR DAN DESAIN770vega-rr-dvd-4.jpg

Sayang! Ubahan revolusioner di ZR, mengurangi rasa ergonomi bagi pengendara. Terutama melihat panel spidometer dan indikator. Di Vega R, panduan transmisi terlihat jelas dengan adanya indikator transimisi. Mulai dari gigi 1 hingga 4, bisa dipantau jelas.

Sedang di Vega R, tidak tuh! Transmisi hanya diberi tanda Netral dan Top untuk gigi puncak atawa 4. Begitunya, sedikit bingung ketika di lampu merah ataupun dalam keadaan berhenti. Mau start lagi, ini gigi 2 atau tiga ya? 771vega-rr-dvd-5.jpg

Satu lagi yang sedikit bingung. Ya, ketika mencari tuas choke buat bantu hidupkan mesin dalam kondisi dingin. Jika di Vega R tuas cuk di bawah setang, maka di Vega ZR menyatu dengan karbu.

Bicara bodi, ini yang mantap! Bodi Vega ZR terlihat lebih sporty ketimbang R. Desainnya mengingatkan Yamaha 125Z yang fenomenal kala era mesin 2-tak. Makin mantap lagi, bagian sayap ZR tidak lagi kosong. Tapi dilapisi lagi oleh bodi dalam.

Penulis/Foto : Eka/M. David Motor Plus